Sepeda harus dikunci ganda

img_8148.jpg

Sepeda harus (disarankan) dikunci ganda, ya.. begitulah himbauan polisi Jepang kepada pemilik sepeda.. ya sepeda, bukan sepeda motor.

Di Jepang, sepeda lebih rentan dicuri dari pada sepeda motor atau mobil atau kendaraan lainnya. Kenapa bisa begitu?? saya juga belum punya jawaban pasti..

Namun inilah salah satu upaya dari polisi jepang untuk menekan jumlah pencurian sepeda. Di jepang, sepeda punya “STNK” layaknya sepeda motor di Indonesia. Setiap pemilik sepeda mesti mendaftarkan sepedanya ke kantor kepolisian terdekat untuk mendapat surat kepemilikan.

Polisi jepang tidak pernah (jarang) melakukan razia gabungan- memberhentikan semua kendaraan di jalan raya. Namun, untuk sepeda.. ini sangat sering sekali.

Pengendara sepeda akan diminta berhenti dan diperiksa nomor registrasi “STNK” sepedanya. Kalau ada aman, kalau tidak ada atau ada indikasi hasil pencurian, maka urusan akan menjadi panjang.

Begitu juga halnya ketika pindah tangan sepeda. Misalnya memberikan sepeda ke teman atau menjual sepeda ke orang lain. Jika hal ini terjadi, kedua belah pihak harus  datang ke kantor polisi untuk ‘balik nama’.

Maka tidak heran poster berikut banyak ditemukan di papan-papan pengumuman apartment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *