Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H

img_8671.jpg

A post shared by hafizhul khair (@hafizhulkhair) on

Ahad, 25 Juni 2017 bertepatan 1 Syawal 1438H masyarakat muslim dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri tidak ketinggalan di negeri Jepang. Kami di Kitakyushu (di selatan negara jepang) turut merayakan hari kemenangan ini. Sederhana namun penuh makna. Ada dua tempat perayaan idul fitri di Kitakyushu; di Tobata dan di Hibikino.

Suasana shalat id di Kitakyushu

Shalat idul fitri di Hibikino diadakan di International Student Hall (terima kasih kepada pihak Universitas Kitakyushu atas kebaikannya meminjamkan ruangan ini). Peserta shalat id tahun ini jauh lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan Idul fitri tahun ini jatuh di hari minggu sehingga memberikan banyak kesempatan pagi muslim untuk hadir. Seperti diketahui, Pemerintah Jepang belum memasukkan Hari Raya Idul Fitri sebagai hari libur nasional.

TIdak hanya mahasiswa dan para keluarganya yang hadir, namun kesempatan kali ini juga banyak diikuti oleh masyarakat indonesia yang sedang magang di Jepang (Kensushei). Hasilnya ruangan hall dipadati oleh  masyarakat Indonesia, kurang lebih ada 100 orang.

Bapak Hadiyawarman didaulat menjadi Imam dan Khatib untuk shalat id tahun ini.

Selesai shalat, tidak meriah rasanya tanpa makan bersama.  Makanan yang dibawa secara sukarela oleh Bapak dan Ibu yang hadir…

Makan-makan…

Dan akhir kata,
Saya mengucapkan Selamat Idul Fitri 1438H
Mohon maaf lahir & batin
Taqobballalahu minna waminkum

Hafizhul K / Kitakyushu-2017

Selamat Idul Fitri 1438H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *