Wireless Charging, Ngecas HP Tanpa Kabel.. Bisa kah? Begini Cara Kerjanya

Baru baru ini Nokia memperkenalkan sebuah produk terbarunya yaitu Nokia Lumia yang berjalan di OS Windows Phone, salah satu teknologi yang digadang-gadangkan adalah ngecas HP tanpa kabel atau lebih dikenal dengan wireless charging atau dengan nama lain inductive charging.

Sebenarnya bagaimana cara kerjanya?
Wireless charging memanfaatkan gaya medan magnet untuk memindahkan energy dari dua objek, energy dikirim melalui inductive coupling ke sebuah perangkat elektronik, dimana melalui energy yang ditranfer tersebut bisa mengisi ulang baterai atau menjalankan sebuah perangkat elektronik.

Layaknya sebuah trafo, kumparan induksi menghasilkan medan elektromagnetik dari base stasiun mengisian dan kumparan induksi kedua (diperangkat elektronik) mengambil daya dari medan elektromagnetik yang dihasilkan tersebut sehingga bisa diubah menjadi energy listrik untuk mengisi ulang baterai.

Beberapa pengembang/vendor mulai tertarik dengan teknologi ini, Seperti Intel dan Integrated Device Technology telah menandatangani kontrak kerja sama untuk mengembangkan teknologi wireless charging ini.

Berikut ini skema/sistem wireless charging yang dikembangkan oleh IDT

wireless charging

Source: Integrated Device Technologies, Inc (hothardware)

Bayangkan dengan teknologi ini kita bisa mengisi ulang gadget cukup dengan meletakkan dekat dengan sumber wireless, tak perlu lagi repot repot membawa charger kemana-mana :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *