Apa itu ALARP?

Konsep “As Low as Reasonably Practicable Risk” atau ALARP seringkali digunakan untuk menentukan atau menetapkan nilai resiko yang dapat diterima. Ide dasar di balik konsep ini adalah risiko yang harus dikurangi ke tingkat yang wajar yang serendah mungkin tanpa memerlukan investasi yang “berlebih”.

Namun demikian individu dan organisasi terus-menerus mengukur tingkat risiko yang mereka hadapi dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan, dan kemudian bertindak atas penilaian mereka risiko itu. Sebagai contoh, pada tingkat pribadi, seseorang harus membuat keputusan, apakah itu aman atau tidak untuk menyeberangi jalan yang sibuk. Dalam fasilitas industri manajer membuat berbasis risiko keputusan mengenai isu-isu seperti apakah akan menutup item peralatan untuk pemeliharaan atau untuk tetap berjalan selama seminggu.

Pada ALARP ada batasan resiko yang ditetapkan “dapat diterima” dan tidak dapat diterima” seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini, yang merupakan kurva Frekuensi dan N merupakan kejadian, Antara batas-batas itu, keseimbangan antara risiko dan manfaat harus ditetapkan. Jika fasilitas yang diusulkan untuk mengambil tingkat resiko yang tinggi, maka manfaat yang dihasilkan harus sangat tinggi.

alarp

Boundaries of Risk

Matriks risiko sering digunakan untuk mengatur batas-batas risiko yang dapat diterima dan tidak dapat diterima. Kotak tengah sedemikian matriks mewakili tingkat risiko yang sedikit diterima.

Pakar resiko telah mengembangkan pedoman berikut untuk menentukan makna dari istilah ALARP

  1. Penggunaan teknologi terbaik yang tersedia mampu dipasang, dioperasikan dan dipelihara dalam lingkungan kerja oleh orang-orang dipersiapkan untuk bekerja di lingkungan itu;
  2. Penggunaan operasi terbaik dan sistem manajemen pemeliharaan yang relevan untuk keselamatan;
  3. Pemeliharaan peralatan dan sistem manajemen untuk standar yang tinggi;
  4. Paparan karyawan ke tingkat risiko rendah.

disarikan dari sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *