Short Trip ke Bosscha

Siapa yang tidak mengenal Bosscha, sebuah tempat di lembang yang dibangun untuk mengamati benda benda langit. Di observatorium bosscha kita bisa melihat benda benda langit yang sangat indah.

Ada berbagai macam teropong yang ada di Bosscha, yang terbesar adalah teropong dengan nama Zeiss dengan diameter 120 cm dan panjang lebih kurang 11 meter, teropong ini merupakan teropong yang terbesar di Asia Tenggara sampai saat ini (desember 2012 kemungkinan thailand meresmikan teleskop yang lebih besar dari yang ada di bosscha sekarang). Semua benda langit bisa dilihat dengan teropong zeiss ini kecuali matahari dan bulan, karena menghasilkan cahaya sangat terang.

bosscha

Obervatorium Bosscha

Observatorium Bosscha terletak di luar Kota Bandung yaitu di bagian utara, sebelum lembang. Topografi di komplek obsevatorium ini adalah perbukitan dengan udara yang sangat sejuk.

Untuk bisa menempuh tempat ini cukup mudah, ada banyak transportasi yang bisa digunakan. Angkot tujuan lembang juga ada dengan rute Stasiun Bandung – Lembang, ongkosnya kira kira Rp. 4000 atau Rp. 3000 kalau naik dari ledeng dengan kampus UPI (Universitas Putra Indonesia).

Untuk pengunjung dikenakan biaya Rp. 7500 untuk bisa masuk ke ruangan observatorium. Didalamnya ada pemandu yang menjelaskan ini dan itu. Sehabis melihat dan mendengarkan penjelesan singkat bagaimana menggunakan teropong dan mengamati benda langit, kita diajak ke ruang multimedia melihat simulasi benda langit.

teropong zeiss

Teropong Zeiss

Di observatorium Bosscha juga menerima kunjungan malam, dengan keuntungan bisa melihat benda langit secara langsung. Berbeda dengan kunjungan hari biasa (siang), pada kunjungan siang kita tidak bisa melihat atau menggunakan teropong karena cahaya matahari terlalu terang sehingga benda langit susah untuk dilihat.

Untuk kunjungan malampun sangat terbatas, hanya ada dari bulan april – oktober dengan kesedian 3 kali setiap bulannya. Tidak heran banyak pengunjung booking tempat jauh-jauh hari karena waktu dan keterbatasan pengunjung yang diizinkan.

Gimana berminat berwisata sambil belajar….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *