Youtube Hadir di Indonesia, Apa Keuntungannya?

Selamat datang, YouTube Indonesia!

Begitulah judul postingan di blog resmi youtube di blogspot, peluncuran youtube di Indonesia diresmikan oleh Director of Product Management YouTube untuk Asia Pasifik, Adam Smith di di kawasan SCBDN Sudirman Jakarta, Kamis 14 Juni 2012.

youtube

youtube versi Indonesia

YouTube Indonesia menggunakan logo yang bercirikan lokal, yaitu gambar Monumen Nasional (Monas) dan wayang.

Youtube sekarang telah tersedia dalam Bahasa Indonesia, dan juga hadi dengan domain indonesia www.youtube.co.id.

Apasih keuntungan hadirnya youtube di Indonesia??
Untuk dalam waktu dekat ini, masyarakat dapat menyaksikan tayangan langsung Olimpiade yang diadakan di London mulai 27 Juli hingga 12 Agustus. Lah itu kan cuma jangka pendek…

Rudy Ramawy Country Head Google Indonesia mengakatakan “Pengguna YouTube di Indonesia akan lebih mudah mengakses, memilih, dan menonton video, serta kehadiran YouTube di Indonesia bertujuan untuk memunculkan konten-konten video yang ada di Indonesia”

Rudy Ramawy juga menjelaskan, Para pembuat konten video Indonesia kini bisa mendapatkan pembayaran dari YouTube Indonesia. Tapi, ada syaratnya. Pada saat video yang muncul di YouTube dimainkan, harus sudah ada kerjasama dengan YouTube.

Khusus layanan konten lokal, YouTube telah menandatangani perjanjian lisensi yang memungkinkan para musisi dan komposer memperoleh penghasilan dari YouTube. Pendapatan ini bisa diperoleh saat ada iklan yang tampil pada saat video YouTube para musisi tersebut dimainkan.

Rudy mengatakan jika video yang diupload tanpa kerjasama tidak akan mendapatkan hak bagi pendapatan. Termasuk mengupload video yang bukan haknya.

“Dalam community guideline kami. Tercatat kalau bukan yang punya video, jangan upload-lah,” pesannya.

Dengan adanya platform khusus Indonesia, dia mengatakan orang pemilik konten akan menyertakan namanya saat video di unggah.

“Kalau dulu belum ada platform, orang nggak ngomong pemilik videonya itu siapa. Sekarang sudah ada,” lanjutnya.

Kerjasama dengan mitra lokal hanyalah untuk membangun saluran merek perusahaan dulu. Selanjutnya, terbuka kemungkinan mitra lokal akan mengiklan di YouTube sama seperti konsep iklan billboard.

“Mitra label untuk bangun konten brand channel dulu,” katanya.

YouTube sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan diantaranya VIVA Media Group, Aquarius Musikindo, Kompas TV, Kompas Cybermedia, MyTrans.com, Nagaswara, Trinity, GP Records, Musica Studio.

reference: youtube-global.blogspot.com | vivanews.com | thenextweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *