Foursquare Tampil Keren Tanpa Google Map

4squareFoursquare, sebuah aplikasi dengan fitur check-in lokasi di jejaring sosial mengumumkan tidak lagi menggunakan layanan Google Map. Foursquare sekarang lebih memilih memakai peta dari OpenstreetMap, pelepasan dari google ini dikarenakan ketidak cocokan harga.

Peralihan menggunakan platform OpenStreetMap ini juga mengubah tampilan petanya serta perubahan desain pada tombol dan warna.

OpenstreetMap adalah sebuah peta open source dengan data dikumpulkan dari pengguna di internet, aplikasi peta ini gratis dapat diunduh dan di edit oleh siapa saja. Peta baru foursquare ini didesain oleh MapBox untuk menyederhanakan OpenSreetMap yang rumit.

Namun, Perubahan ini terjadi pada Foursquare versi website, sedangkan di iOS dan Android masih tetap memakai google. Sebab Foursquare telah terintegrasi dengan komponen platform yang menggunakan Google Maps.

Fitur Baru
Melalui akun Twitter mereka dengan hashtag #allnew4sq, Foursquare menyampaikan kabar bahwa desain ulang Foursquare akan dihadirkan pekan ini. Sejumlah bocoran pun dibeberkan untuk memancing penasaran.

“Put on your fanciest fancy pants. The all new Foursquare is coming soon!,” demikian bunyi tweet Foursquare.

Disebutkan CEO Foursquare Dennis Crowley, aktivitas check-in nantinya tak lagi menjadi fitur terpopuler. Foursquare kabarnya akan mengganti fokusnya tersebut ke arah rekomendasi.

Pada desain ulang ini, diperkirakan fungsi maps dan discovery Foursquare akan ditingkatkan. Kabarnya, kedua tool itu akan berperan juga sebagai fungsi ‘Explore’ dengan menampilkan berbagai tips dan rekomendasi dari pengguna Foursquare lainnya.

Yah.. semoga tambah keren dan page loadingnya lama..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *